Sejak kemunculan format kompresi audio yang biasa di sebut MP3 itu, setelah itu banyak sekali bermunculan format-format baru dengan menawarkan kompresi sekecil-kecilnya dan semakin tidak mengorbankan kualitas yang di hasilkan. Hal ini memang menyenangkan karena kita mempunyai banyak pilihan. FormatFactory 3.00 pun sudah sangat bagus dalam kategori software free banyak fiture yang di suguhkan untuk mengubah jenis video yang sobat ingin kan.. misal FLV to 3GP, MP4, MP4 All Mobile, MPEG, AVI, SWF dan masih banyak lagi ..

Di sisi lain format gambar juga menawarkan beragam format dengan segala fitur-nya. Juga, dalam dunia video juga seakan-akan tidak mau mengalah dalam pengembangan didalamnya yang biasanya menghasilkan format-format kompresi video baru.
Tapi di satu sisi hal ini sangat menjengkelkan karena dengan banyaknya format, membuat kita harus mempunyai masing-masing player dari format tersebut. Maka dari itu, saya ingin mencari satu aplikasi pengubah format yang akan saya gunakan untuk mengubah berbagai macam format tersebut ke format favorite saya.
Dan akhirnya saya menemukan aplikasi tersebut, aplikasi tersebut bernama Format Factory. Format Factory mendukung buanyak sekali format yang ada di pasaran dan hebatnya lagi dia mendukung perubahan format dari audio, video, gambar dan ISO CD/DVD ROM dan hal yang terhebat dari itu semua adalah aplikasi ini gratis!! juga mendukung file-file lainnya:

  • Video formats: MPG, WMV, 3GP, FLV, SWF, MP4, AVI, ...
  • Audio formats: WAV, WMA, OGG, MP3, AAC, AMR, ...
  • Image formats: PNG, JPG, TIF, ICO, BMP, GIF, TGA, ...


So, langsung saja untuk menggunakan aplikasi ini berikut langkah yang harus kita ambil:
  1. Unduh dulu aplikasi-nya.                                                                                                                   Untuk downloads, Anda akan diarahkan ke adf.ly, klik sip ad di pojok kanan atas untuk mendapatkan link downloadnya.
  2. Anda akan mendapatkan file dalam keadaan ter-zip.
  3. Mekarkan dulu file-nya sehingga anda mendapatkan file FFSetup3.00.exe (angka 3.00 bisa berubah berdasarkan versi aplikasi yang anda unduh, ketika saya mengunduh file tersebut aplikasi Format Factory di versi 3.00).
  4. Klik ganda file FFSetup3.00.exe.
  5. Anda tinggal mengikuti langkah installer-nya, kebanyakan sih tinggal klik tombol Next doang.
  6. Nah, sekarang aplikasi sudah siap digunakan. Untuk menggunakan anda tinggal membukanya melalui Start -> All Programs -> FormatFactory.
  7. Sekarang saya mau mencoba meng-convert sebuah file .wav ke .mp3. Tinggal klik tab Audio dan pilih All to MP3.
  8. Lalu pilih file-file yang ingin anda convert dengan klik tombol Add File untuk menambah file satu per satu atau Add Folder untuk menambah semua file di dalam satu folder tertentu.
  9. Anda juga bisa mengkonfigurasi output/keluaran yang anda inginkan dengan klik tombol Output Setting. Jika sudah selesai menambah file dan mengkonfigurasi keluaran file, klik tombol OK.
  10. Di jendela utama Format Factory, klik tombol Start.
  11. Kita tinggal menunggu hasilnya….
Dengan converter yang ukuran file-nya hanya 59,93 MB ini, kita dapat mengubah banyak sekali file-file ke format yagn kita inginkan dengan mudah. Semoga membantu…